Header Ads

Sejarah Microsoft Windows

Sejarah Windows dilihat dari 25 tahun pertama.

Pada tahun 1970-an. Di tempat kerja, kita bergantung pada mesin ketik. Jika kita perlu menyalin dokumen, kita cenderung menggunakan mesin stensil atau kertas karbon. Sedikitnya telah mendengar tentang mikrokomputer, tapi dua penggemar komputer muda, Bill Gates dan Paul Allen, melihat bahwa komputasi personal adalah jalan untuk masa depan.

image

Pada tahun 1975, Gates dan Allen membentuk kemitraan yang disebut Microsoft. Seperti kebanyakan permulaan, Microsoft mulai dari kecil, tetapi memiliki visi tentang komputer-besar di setiap desktop dan di setiap rumah. Selama tahun-tahun berikutnya, Microsoft mulai mengubah cara kita bekerja.

Fajar dari MS-DOS

Pada bulan Juni 1980, Gates dan Allen mempekerjakan mantan Gates ‘teman sekelas Harvard’ Steve Ballmer untuk membantu menjalankan perusahaan. Bulan berikutnya, IBM mendekatkan Microsoft mengenai sebuah proyek nama kode “Catur.” Sebagai tanggapan, Microsoft berfokus pada perangkat lunak sistem operasi baru yang dapat mengelola, atau menjalankan, perangkat keras komputer dan juga berfungsi untuk menjembatani kesenjangan antara perangkat keras komputer dan program-program, seperti pengolah kata. Ini adalah fondasi dimana program komputer dapat berjalan. Mereka namai sistem operasi baru mereka “MS-DOS.”

Ketika IBM PC yang menjalankan MS-DOS dikapalkan pada tahun 1981, yang juga memperkenalkan bahasa baru untuk masyarakat umum. Mengetik “C:” dan berbagai perintah samar secara bertahap menjadi bagian dari pekerjaan sehari-hari. Orang menemukan kunci backslash (\) .

MS-DOS itu efektif, tetapi juga membuktikannya sulit jug dipahami bagi banyak orang. Dan harus ada cara yang lebih baik untuk membangun sebuah sistem operasi.

1982-1985: Memperkenalkan Windows 1.0

Microsoft bekerja pada versi pertama dari sistem operasi baru. Interface Manager adalah nama kode dan dianggap sebagai nama akhir, tetapi nama Windows berlaku karena paling menggambarkan kotak atau komputasi “jendela” yang fundamental bagi sistem baru. Nama Windows diumumkan pada tahun 1983, namun butuh waktu untuk berkembang. Skeptis menyebutnya “vaporware.”

Pada tanggal 20 November, 1985 dua tahun setelah pengumuman awal, pengapalan Windows Windows 1.0. Sekarang, daripada mengetik perintah2 MS-DOS, Anda hanya memindahkan mouse untuk titik dan klik jalan Anda melalui layar, atau “jendela.” Kata Bill Gates, “Ini adalah perangkat lunak yang unik dirancang untuk pengguna PC yang serius …”

Ada menu drop-down, scroll bar, ikon, dan kotak dialog yang membuat program lebih mudah untuk dipelajari dan digunakan. Anda dapat beralih di antara beberapa program tanpa harus berhenti dan merestart masing-masing program. Windows 1.0 dikapalkan dengan beberapa program, termasuk manajemen file MS-DOS, Paint, Windows Writer, Notepad, Kalkulator, dan kalender, file kartu, dan jam untuk membantu Anda mengelola kegiatan sehari-hari. Bahkan ada juga game-Reversi.

Ingat disket dan kilobyte? Windows 1.0 memerlukan minimal 256 kilobyte (KB), dua double-sided disk drive floppy, dan kartu adapter grafis. Sebuah hard disk dan memori 512 KB direkomendasikan untuk menjalankan beberapa program atau saat menggunakan DOS 3.0 atau lebih tinggi.

1987-1992: Windows 2,0-2,11 Windows-Lebih, lebih cepat

Pada tanggal 9 Desember tahun 1987, Microsoft merilis Windows 2.0 dengan ikon desktop dan memori yang diperluas. Dengan dukungan grafis yang ditingkatkan, Anda sekarang bisa menumpang tindih jendela, mengontrol tata letak layar, dan shortcut menggunakan keyboard untuk mempercepat pekerjaan Anda. Beberapa pengembang perangkat lunak juga menulis program pertama mereka berbasis Windows untuk dirilis ini.

Windows 2.0 dirancang untuk prosesor Intel 286. Ketika prosesor Intel 386 dikeluarkan, Windows/386 berikut segera untuk mengambil keuntungan dari memperpanjang kemampuan memori. Selanjutnya Windows dirilis terus meningkatkan kecepatan, kehandalan, dan kegunaan dari PC.

Pada tahun 1988, Microsoft menjadi PC perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia berbasis pada penjualan. Komputer mulai menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari bagi sebagian pekerja kantoran.

1990-1994: Windows 3.0-Windows NT-Mendapatkan grafis

Pada tanggal 22 Mei 1990, Microsoft mengumumkan Windows 3.0, diikuti segera oleh Windows 3.1 pada tahun 1992, Secara keseluruhan, mereka menjual 10 juta kopi di 2 tahun pertama mereka, menjadikannya sistem operasi windows yang paling banyak digunakan. Skala keberhasilan ini menyebabkan Microsoft untuk merevisi rencana sebelumnya. Memori Virtual meningkatkan grafis visual. Pada tahun 1990 Windows mulai terlihat seperti versi yang akan didatangkanimage

Windows sekarang memiliki kinerja yang jauh lebih baik, grafis maju dengan 16 warna, dan ikon ditingkatkan. Sebuah gelombang baru PC 386 membantu meningkatkan popularitas Windows 3.0. Dengan dukungan penuh untuk prosesor Intel 386, program berjalan terasa lebih cepat. Program Manager, File Manager, dan Print Manager tiba di Windows 3.0.

Perangkat lunak Windows diinstal dengan floppy disk yang dibeli dengan kotak yang agak besar dengan instruksi manual yang agak berat.

Popularitas Windows 3.0 tumbuh dengan dirilisnya software development kit Windows baru (SDK), yang membantu pengembang perangkat lunak lebih terfokus pada menulis program dan mengurangi pada penulisan driver perangkat.

Windows semakin banyak digunakan di tempat kerja dan dirumah dan sekarang termasuk permainan seperti Solitaire, Hearts, dan Minesweeper. Sebuah iklan: “Sekarang Anda dapat menggunakan kekuatan yang luar biasa dari Windows 3.0 untuk membuang waktu.”

Windows for Workgroups 3.11 menambahkan workgroup peer-to-peer dan mendukung domain jaringan dan, untuk pertama kalinya, PC menjadi bagian integral dari munculnya evolusi komputasi klien / server.

Windows NT

Ketika Windows NT dirilis pada tanggal 27 Juli 1993, Microsoft telah memenuhi tonggak penting: penyelesaian proyek dimulai pada akhir 1980-an untuk membangun sebuah sistem operasi canggih yang baru dari awal. “Windows NT mewakili tidak kurang dari suatu perubahan fundamental dalam cara yang perusahaan dapat mengatasi kebutuhan komputasi bisnis mereka,” kata Bill Gates.

image

Tidak seperti Windows 3.1, Namun, Windows NT 3.1 adalah sistem operasi 32-bit, yang membuatnya menjadi platform bisnis strategis yang mendukung rekayasa high-end dan program ilmiah.

1995-2001: Windows 95-PC datang dari usia (dan jangan lupa internet)

Pada tanggal 24 Agustus 1995, Microsoft merilis Windows 95, menjual rekor 7 juta copy dalam lima minggu pertama. Ini adalah peluncuran yang paling terpublikasikan Microsoft yang pernah diambil. fitur iklan televisi bernyanyi Rolling Stones “Start Me Up” atas gambar tombol Start yang baru. Press release sederhana mulai dari: “It’s here.” (“Ada di sini.”)

image

ini adalah era faks / modem, e-mail, dunia online yang baru, dan permainan multimedia mempesona dan perangkat lunak pendidikan. Windows 95 memiliki built-in yang mendukung Internet, jaringan dial-up, dan Plug baru dan kemampuan Play yang membuatnya mudah untuk menginstal hardware dan software. Sistem operasi 32-bit juga menawarkan peningkatan kemampuan multimedia, fitur canggih lebih untuk komputasi mobile, dan jaringan yang terpadu.

Pada saat peluncuran Windows 95, Windows sebelumnya dan sistem operasi MS-DOS yang berjalan pada sekitar 80 persen PC di dunia. Windows 95 adalah upgrade ke sistem operasi ini. Untuk menjalankan Windows 95, Anda memerlukan PC dengan prosesor 386DX atau yang lebih tinggi (486 dianjurkan) dan paling tidak 4 MB RAM (8 MB RAM direkomendasikan). Upgrade versi kedua yang tersedia format untuk floppy disk dan CD-ROM, tersedia dalam 12 bahasa.

Windows 95 memiliki fitur penampilan pertama dari taskbar, menu Start, dan meminimalkan, memaksimalkan, dan tombol close pada masing-masing jendela.

Penangkapan gelombang Internet

Pada awal 1990-an, teknologi orang dalam berbicara tentang jaringan-internet suatu jaringan yang memiliki kekuasaan untuk menghubungkan komputer di seluruh dunia. Pada tahun 1995, Bill Gates memberikan memo berjudul “The Internet Tidal Wave,” dan menyatakan internet sebagai “perkembangan yang paling penting karena munculnya PC.”

Pada musim panas tahun 1995, versi pertama Internet Explorer dilepaskan. Browser yang telah bergabung berlomba-lomba untuk mengisi ruang di World Wide Web.

Pada tahun 1996, Microsoft merilis Flight Simulator untuk Windows 95 waktu pertama dalam sejarah 14-tahun bahwa itu tersedia untuk Windows.

1998–2000: Windows 98, Windows 2000, Windows Me

Windows 98

Dirilis pada tanggal 25 Juni 1998, Windows 98 adalah versi pertama dari Windows yang dirancang khusus untuk konsumen. PC yang umum di tempat kerja dan dirumah, dan warnet di mana Anda bisa online bermunculan. Windows 98 digambarkan sebagai sebuah sistem operasi yang “Works Better, Plays Better.”

image

Dengan Windows 98, Anda dapat menemukan informasi lebih mudah pada PC Anda serta diInternet. perbaikan lainnya mencakup kemampuan untuk membuka dan menutup program lebih cepat, dan dukungan untuk membaca disk DVD dan perangkat universal serial bus (USB). Penampilan lain pertama adalah Quick Launch bar, yang memungkinkan Anda menjalankan program tanpa harus menelusuri menu Start atau mencari nya di desktop.

Windows 98 adalah versi terakhir berbasiskan MS-DOS.

Windows Me

Dirancang untuk digunakan dikomputer rumah, Windows Me menawarkan berbagai musik, video, dan perangkat tambahan dan perbaikan kehandalan jaringan rumah dibandingkan dengan versi windows sebelumnya.

image

Penampilan Pertama: System Restore, sebuah fitur yang dapat memutar kembali konfigurasi perangkat lunak PC Anda ke tanggal atau waktu sebelum masalah terjadi. Windows Movie Maker menyediakan pengguna dengan alat digital untuk mengedit, menyimpan, dan berbagi video dirumah. Dan dengan teknologi Microsoft Windows Media Player 7, Anda dapat menemukan, mengatur, dan memutar media digital.

Secara teknis, Windows Me merupakan sistem operasi Microsoft terakhir yang didasarkan pada basis kode Windows 95. Microsoft mengumumkan bahwa semua produk sistem operasi masa depan akan didasarkan pada kernel Windows NT dan Windows 2000.

Windows 2000 Professional

Lebih dari sekedar upgrade ke Windows NT Workstation 4.0, Windows 2000 Professional dirancang untuk menggantikan Windows 95, Windows 98, dan Windows NT Workstation 4.0 pada semua desktop bisnis dan laptop. terbukti dibangun di atas dasar kode Windows NT Workstation 4.0, Windows 2000 menambahkan peningkatan besar dalam keandalan, kemudahan penggunaan, kompatibilitas Internet, dan dukungan untuk komputasi mobile.

image

Di antara perbaikan lain, Windows 2000 Professional menyederhanakan instalasi hardware dengan menambahkan dukungan untuk berbagai perangkat keras baru Plug & Play, termasuk jaringan maju dan produk nirkabel, perangkat USB, perangkat IEEE 1394, dan perangkat inframerah.

2001-2005: Windows XP-Stabil, bermanfaat, dan cepat

Pada tanggal 25 Oktober 2001, Windows XP dirilis dengan tampilan didesain ulang dan merasa bahwa itu berpusat pada kegunaan dan terpadu Dukungan Bantuan dan pusat layanan. Dari pertengahan 1970-an sampai peluncuran Windows XP, sekitar 1 milyar PC telah dikapalkan di seluruh dunia.

image

Untuk Microsoft, Windows XP telah menjadi salah satu produk terlaris di tahun-tahun mendatang. Dua-duanya cepat dan stabil. Menjelajahi menu taskbar, Start, dan Control Panel yang lebih intuitif. Kesadaran akan virus komputer dan meningkatkan hacker, tapi ketakutan ini sampai batas tertentu tenang oleh pengiriman update keamanan online. Konsumen mulai mengerti peringatan tentang lampiran yang mencurigakan dan virus. Ada lebih penekanan pada Bantuan dan Dukungan.

Windows XP Home Edition menawarkan desain, bersih visual disederhanakan yang membuat fitur yang sering digunakan lebih mudah diakses. Dirancang untuk digunakan di rumah, Windows XP menawarkan perangkat tambahan seperti Network Setup Wizard, Windows Media Player, Windows Movie Maker, dan meningkatkan kemampuan foto digital.

Windows XP Professional membawakan pada dasar yang kokoh dari Windows 2000 ke desktop PC, meningkatkan kehandalan, keamanan, dan kinerja. Dengan desain visual yang segar, Windows XP Professional mencakup fitur-fitur untuk bisnis dan komputasi rumahan yang canggih, termasuk dukungan remote desktop, sebuah sistem file enkripsi, dan fitur mengembalikan sistem ( system restore ) dan fitur jaringan yang canggih. perangkat kunci tambahan untuk pengguna ponsel termasuk dukungan jaringan nirkabel 802.1x, Windows Messenger, dan Remote Assistance.

Windows XP memiliki beberapa edisi selama tahun-tahun:

  • Windows XP 64-bit Edition (2001) adalah sistem operasi Microsoft pertama untuk prosesor 64-bit yang dirancang untuk bekerja dengan jumlah besar memori dan proyek-proyek seperti efek film khusus, animasi 3D, teknik, dan program ilmiah.
  • Windows XP Media Center Edition (2002) dibuat untuk komputasi rumah dan hiburan. Anda dapat menelusuri Internet, menonton televisi, menikmati musik digital dan koleksi video, dan menonton DVD.
  • Windows XP Tablet PC Edition (2002) menyadari visi komputasi berbasis pena. Tablet PC termasuk pena digital untuk pengenalan tulisan tangan dan Anda dapat juga menggunakan mouse atau keyboard.

Windows XP dihasilkan dari 45 juta baris kode

2006-2008: Windows Vista-Pintar dalam hal keamanan

Windows Vista yang dirilis pada tahun 2006 dengan sistem keamanan terkuat. User Account Control membantu mencegah perangkat lunak yang berpotensi membahayakan dari membuat perubahan pada komputer Anda. Pada Windows Vista Ultimate, BitLocker Drive Encryption memberikan perlindungan data yang lebih baik untuk komputer Anda, seperti penjualan laptop dan meningkatkan kebutuhan keamanan. Windows Vista juga dilengkapi perangkat tambahan ke Windows Media Player yang semakin banyak orang datang untuk melihat di PC mereka sebagai lokasi pusat untuk media digital. Di sini Anda dapat menonton televisi, melihat dan mengirim foto, dan mengedit video.

image

Desain memainkan peran besar dalam Windows Vista, dan fitur seperti taskbar dan perbatasan di sekitar jendela mendapatkan tampilan baru. fitur Pencarian mendapat penekanan baru dan membantu orang menemukan file pada PC mereka agar lebih cepat. Windows Vista memperkenalkan edisi baru yang masing-masing memiliki campuran yang fitur berbeda . Tombol Start didesain ulang membuat penampilan pertama berbeda pada Windows Vista.

Lebih dari 1,5 juta perangkat tersebut kompatibel dengan Windows Vista pada saat peluncuran.

2009-Hari ini: Windows 7 dan menghitung …

Pada 2000-an, dunia nirkabel telah tiba. Ketika Windows 7 dirilis pada bulan Oktober 2009, mengalahkan PC desktop dan laptop itu umum untuk mendapatkan akses online di hotspot nirkabel publik seperti warung kopi. Jaringan nirkabel juga dapat dibuat di kantor atau di rumah.

Windows 7 termasuk banyak fitur, seperti cara-cara baru untuk bekerja dengan windows-Snap, Peek, dan Shake. Windows Touch membuat debutnya, memungkinkan Anda untuk menggunakan jari-jari Anda untuk menelusuri web, flip melalui foto, dan membuka file dan folder. Anda dapat menyalurkan musik, video, dan foto dari PC ke stereo atau TV.

Pada musim gugur 2010, Windows 7 telah terjual tujuh eksemplar – sistem operasi kedua yang paling cepat terjual dalam sejarah.windows7

Windows 7 telah dievaluasi oleh 8 juta penguji beta di seluruh dunia sebelum dirilis.

Apa selanjutnya?

Banyak laptop tidak lagi memiliki slot untuk DVD dan beberapa memiliki solid state drive daripada hard disk konvensional. Kebanyakan semuanya streaming, disimpan pada flash drive, atau disimpan dalam ruang “awan” online untuk berbagi file dan penyimpanan. Windows Live-program-program gratis dan layanan untuk foto, film, pesan cepat, e-mail, dan sosial jaringan-adalah mulus terintegrasi dengan Windows sehingga Anda dapat tetap berkomunikasi dari telepon ke PC Anda, atau web, memperluas Windows ke komputasi Awan .

Sementara itu, kerja sedang berlangsung untuk versi Windows berikutnya.

http://windows.microsoft.com/en-us/windows/history

Tidak ada komentar:

Terima kasih udah memberi komentar :D

Diberdayakan oleh Blogger.