Header Ads

Tentang timnas dan sepak bola Indonesia

Timnas-Indonesia

tulisan ini adalah curhatan penulis tentang sepokbola Indonesia

kalau bicara tentang timnas indonesia  dan sepak bola  nasional pasti yang terbayangkan adalah kekalahan demi kekalahan yang diterima timnas, bobroknya pengurus, kacaunya pertandingan antar klub dll. tapi saat ini sepertinya telah berubah wajah persebaj bolaan indonesia.

Piala AFF yang dulu dikenal dengan piala tiger adalah ajang pembuktian tim garuda, tim indonesia yang dulunya terkenal dengan yang diatas, sekarang telah berubah menjadi tim yang bermain cantik, banyak menciptakan peluamg, dan MENANG.

saat pertama kali saya menonton piala AFF partai pertama melawan malaysia. saya tidak terlalu banyak berharap indonesia menang dengan skor besar, tapi kenyataan berata lain. Indonesia menang 5-1 waw. hasil yang diluar dugaan saya, pertandingan berikutnya melawan laos menang 6-0, saat melawan thailand Indonesia menang 2-1. Indonesia lolos ke babak semifinal melawan filipina Indonesia berhasil menang 2-0 (hasil 2 kali main 1-0).

Indonesia melaju ke babak final melawan malaysia KEMBALI. partai final yang dimainkan di di bukit jalil malaysia Indonesia kalah 3-0. lalu saat Indonesia menjadi tuan rumah indonesia menang 2-1. tapi sayang piala aff gagal diraih oleh indonesia karana kalah agregat 4-2. miris memang malaysia merayakan kemenangan di stadion kebangga indonesia.

tentang timnas indonesia saat ini

kita lupakan kegagalan merain piala aff, tapi ada yang lebih besar yang kita dapat selama piala aff bergulir.

1. timnas bermain cantik dan ngotot

   selama ini timnas yang saya liat itu seperti tidak ada gairah untuk bermain bola. seperti asal bermain.  tapi kali ini indonesia bermain cantik dan ngoto. Para pemain benar – benar bermain bola 90 menit

2, para muka baru di timnas

selama ini timnas itu hampir selalu diisi oleh pemain senior sementara pemain junior atau yang baru jarang dimainkan. tapi kali ini banyak sekali pemain muda yang diberi kesempatan bermain.

3. naturalisasi pemain

irfan-bachdim-ina-laos100743_christian-gonzales--indonesia-kiri--diawasi-mohamad-muslim-bin-ahmad

irfan bahdim dan cristian gonzales adalah 2 nama yang paling menyita perhatian dari timnas indonesia (kaos yang dijual dijalan paling banyak). sebenarnya saya setuju dengan program ini HANYA  jangan dijadikan cara instan untuk meraih prestasi.

4. Pelatih

20719651_images1366741_11242_riedl

alfred riedl adalah sosok dibalik hebatnya aksi timnas. riedl tahu bagaimana memilih pemain, saya akui dia adalah pelatih yang hebat.

5. Penonton

penonton

penonton Indonesia yang saya tau terkenal dengan aksi anarkis, brutal dll. tapi yang saya lihat selama piala aff, Penonton Indonesia luar biasa(meskipun ada bbrp yang kacau). saat liat di stadion, stadion berubah menjadi warna merah dan saat menyanyikan lagu Indonesia Raya WAW LUAR BIASA,  saat final pun suporter Indonesia menjadi suporter yang hebat butinya adalah tidak menyinari laser kepada pemain malaysia(sepenglihatan saya) dan saat kalah tidak merusak stadion seperti sebelum – sebelumnya.

tapi dibalik  hal positif ada juda hal negatifnya

1. terlalu membesarkan berita timnas

bangun tidur nyalain TV langsung lihat timnas, awalnya sih ok, tapi lama – kelamaan jadi bosen.

2. politisai sepakbola

kalo yang ini saya ga mau ngomongin (udah jelas tabiatnya)

akhir 2010 adalah akhir yang luar biasa meskipun tidak juara tapi indonesia saat ini menjadi negara yang luar biasa bagi saya. semoga di tahun depan dan di masa yang akan datan timnas indonesia menjadi tim yang hebat. AMIN

.GARUDA DIDADAKU, GARUDA KEBANGGAANKU

garudadidadaku

Tidak ada komentar:

Terima kasih udah memberi komentar :D

Diberdayakan oleh Blogger.