Header Ads

RIO

rio-poster-3

Rio adalah karya terbaru dari Carlos Saldanha, salah seorang sutradara Ice Age. Bagi Carlo Saldanha yang lahir di Brazil, kisah Rio (yang diangkat dari nama kota terbesar kedua di Brazil: Rio de Jainero) merupakan impian dari Saldanha semenjak ia bergabung dengan studio animasi Blue Sky. Mengingat Rio identik dengan pantai, panas, dan burung penuh warna-warni, ia tentunya merupakan kontras yang berbeda dengan dunia animasi penuh es di Ice Age.

Film ini diawali dengan seekor bayi Macaw biru terpana melihat seluruh hutan Rio hidup dengan tarian, kicauan, dan nyanyian dari para burung tropis. Akan tetapi tangan manusia yang jahat menghancurkan segalanya. Kicauan demi kicauan mulai lenyap saat para burung tropis tersebut dijaring dan ditangkap untuk kemudian diekspor ke Amerika dan dijual. Saat sebuah kecelakaan terjadi, bayi burung biru Macaw itu terjatuh di depan rumah gadis manis bernama Linda. Linda menamakan si burung biru itu Blu dan di tengah keduanya terjalin persahabatan unik antara burung dan manusia.

Hidup yang damai berlangsung selama bertahun-tahun lamanya sampai seorang ahli burung nyentrik bernama Tulio mengatakan bahwa spesies Blu (Macaw biru) hampir punah. Blu adalah jenis jantan terakhir dari spesiesnya… karena itu Tulio ingin membawa Blu kembali ke Brazil dan memperbanyak spesiesnya dengan memasangkannya dengan burung Macaw biru betina bernama Jewel. Jewel dan Blu tidak langsung cocok tentu saja mengingat Jewel adalah burung liar sementara Blu adalah burung rumahan yang tahu terbang saja tidak! Bayangkan betapa paniknya Blu ketika keduanya kemudian ditangkap oleh para eksportir ilegal burung tropis!

Warna adalah unsur yang sangat terlihat di film ini. berbeda dengan trilogi ice age yang didominasi dengan warna putih. Film rio  menggunakan banyak warna Openingnya saja diisi dengan lagu menghentak Brazil ditambah tarian samba para burung yang menawan hati! dengan opening yang keren ini sampai mengingatkan gue dengan film finding nemo, dimana nemo diambil oleh manusia dari ayahnya. Rio juga berhasil membangun hubungan antara Rio dan Linda, membuat kita peduli dengan hubungan keduanya. Sekilas lalu hubungan unik manusia dan hewan yang seharusnya tinggal di alam liar ini mengingatkanku pada Open Season.

Rio diisi oleh banyak aktor-artis ternama seperti Jesse Eisenberg, Anne Hathaway, Jamie Foxx, sampai rapper Will.i.am. Eisenberg cocok menampilkan Blu yang semi geek sementara Hathaway mengejutkanku dengan penampilannya yang galak dan kasar – berbeda dengan penampilan live actionnya. Jamie Foxx dengan suave dan cool pun mencuri perhatian, cocok sekali duetnya dengan will.i.am yang tengil dan sok tahu.

Dan menurut gue film cukup layak ditonton. film bisa membuat mata gue yang lelah dan ngantuk langsung segar karena melihat keindahan animasinya. Memang belum setingkat dengan animasi pixar. tapi boleh dibilang salah satu film animasi terbaik tahun ini.

Score: 78

Movie Details
Director: Carlos Saldanha
Cast: Jesse Eisenberg, Anne Hathaway, George Lopez, Jamie Foxx
Running Time: 96 Minutes

1 komentar:

Terima kasih udah memberi komentar :D

Diberdayakan oleh Blogger.