Header Ads

Adventureland

adventureland-poster-final-fullsize

Sebenarnya udah lama sih nonton film tapi entah kenapa gue males untuk nulis hehe. Pernah mengalami masa pematangan diri? Ya ini adalah tema utama film ini. Film Adventureland disutradarai oleh Greg Mottola, sutradara yang sama yang membawakan film Superbad pada kita. Seperti tema Superbad, Adventureland juga mengangkat tema mengenai pematangan diri (istilah asingnya: coming to age). Adventureland mengangkat tema mengenai apa dunia yang kamu hadapi setelah kuliah.

James Brennan dan temannya baru saja lulus kuliah. Dalam masa liburan musim panas, James sebenarnya sudah berencana untuk pergi bertamasya bersama dengan temannya ke Eropa. Perjalanan itu bukan sekedar untuk bersenang-senang, tetapi sekaligus juga untuk mencari ke mana ia kemudian akan melangkah. Sayangnya karena krisis ekonomi yang menghantam keluarganya, orang tuanya tidak memberi dana buat James. Bahkan James terancam tidak bisa mengambil mata kuliah jurnalisme untuk program S2 yang ia rencanakan.

Untuk memenuhi kebutuhannya itu, James akhirnya memutuskan untuk bekerja selama musim panas di kampung halamannya di taman hiburan Adventureland. Di sana ia bertemu dengan kawan lamanya seperti Frigo yang nyentrik (suka menghajar anu-nya James), Joel yang ala pujangga, Lisa P yang super seksi, dan banyak lagi. Kendati begitu, perhatian James terutama tertuju pada Emily Lewin, rekan sekerja yang menolongnya di hari pertama kerjanya. Akankah musim panas ini mengubah hidup James untuk selamanya?

Apa yang menjadikan film ini berbeda dengan kebanyakan film adalah sebuah keberanian mendobrak klise film-film serupa. Tidak ada klise anak kota besar yang bete karena harus beradaptasi dengan kehidupan di kota kecil. Adventureland menyorot kehidupan seorang lulusan baru sebagaimana adanya. Sebagai sosok yang masih bingung menempatkan diri karena baru melepaskan diri dari dunia pendidikan dan masuk ke dunia nyata. Masalah-masalah yang ditampilkan dalam film ini juga semuanya down-to-earth dan tidak akan makan waktu lama bagimu untuk mulai merefleksikan apa yang dikisahkan dalam film ini dengan kehidupanmu sendiri. Apakah menjadi seorang perjaka / perawan seusai kuliah aneh? Apa jadinya bila kamu jatuh cinta dengan rekan kerjamu? Beberapa dari masalah yang diangkat dalam film ini mungkin terlihat sepele – tetapi siapa sih yang tidak pernah mengalaminya? Saya juga lagi-lagi mau mengacungkan jempol untuk Mottola yang selain menyutradarai menulis skenarionya karena dialog dalam film ini natural dan tidak terasa dibuat-buat. Humornya cerdas – seperti humor antara teman-teman tanpa harus mengandalkan adegan slapstick atau hal-hal berbau vulgar.

Film ini begitu hidup dikarenakan para pemainnya jesse Eisenberg dan Kristen Stewart benar-benar tampil gemilang di film ini. jesse Eisenberg yang berperan sebagai bocah polos James Brennan tampil meyakinkan tanpa pernah terasa seperti sok suci. Dia seperti pria kebanyakan. Tetapi ia juga selalu berusaha menjaga garis batas moralnya. Begitu pula Kristen Stewart,waw aktingnya disni sangat luar biasa. Sangat berbeda yang diperankan di Twilight. Bila di twilight dia tampil dengan sangat datar tapi di sini dia bisa menampilkan variasi emosi yang begitu berbeda di sini.Pun dengan anggota-anggota Adventureland yang lain memiliki pesona dan karakter mereka sehingga tidak sekalipun saya merasa bahwa saya tengah menonton film – tetapi memang tengah berada di Adventureland berinteraksi dengan karakter-karakter tersebut. Di luar kru Adventureland sendiri, penampilan Ryan Reynolds sebagai sang playboy flamboyan benar-benar memikat.

Disetting pada musim panas 1987 Adventureland memiliki deretan musik soundtrack terbaik untuk tahun ini.Yang jelas semua – ya, semua – musiknya dimainkan secara pas untuk menghidupkan dan mengiringi adegan di layar. Paduannya sempurna karena tidak sekalipun musiknya terasa mendominasi atau sekedar jadi tempelan.

Dan menurut gue film ini membawa perasaan tertawa, terharu, dan pada akhirnya merenung akan cerita yang ditawarkannya. iapapun kamu yang ingin bernostalgia akan masa kuliah dan lulus kuliahmu akan menemukan bahwa Adventureland bisa membawamu kembali pada masa-masa yang indah dan mendebarkan itu.(meskipun saya sendiri belum lulus kuliah).

 

Score: 90

Movie Details
Director: Greg Mottola
Cast: Jesse Eisenberg, Kristen Stewart, Ryan Reynolds, Bill Hader
Running Time: 107 Minutes

Tidak ada komentar:

Terima kasih udah memberi komentar :D

Diberdayakan oleh Blogger.