Header Ads

The Big Year

The-Big-Year_Poster_2

Setiap orang pasti punya hobi. Hobi membaca buku, mendengarkan music, nonton film Tentu saja sebuah hobi biasanya menghabiskan banyak waktu dan uang.Ada pula hobi mengumpulkan Gadget – gadget terbaru Atau memodifikasi mobil seperti yang ada di pimp my ride. Toh semua itu seperti tidak ada apa-apanya dibandingan para pelaku The Big Year.

Apa itu tahun besar(The Big Year) ? ini adalah sebuah kompetisi informal yang dilakukan oleh para birder(pengamat burung). Peraturannya sangat simpel: selama setahun kamu hanya perlu melihat sebanyak mungkin spesies burung-burung di Amerika. Peraturan yang sederhana – bagaimanapun juga – bisa menghabiskan waktu dan uang yang sangat-sangat banyak. Setiap burung memiliki lokasi unik di mana mereka bakalan tinggal dan pindah di waktu-waktu tertentu. Belum lagi karena makin banyak penebangan dan hilangnya hutan keberadaan para burung terkadang menjadi tidak menentu. Jadi bukan hal mustahil para birder terbang lintas  negara bagian dan menemukan burung yang diincar. Di sisi lain kebahagiaan dan kepuasan melihat burung yang mereka kejar-kejar – walau sekedar beberapa saat saja – adalah kenikmatan tersendiri yang tak bisa diekspresikan dengan kata-kata.

Kegiatan the big year diikuti oleh banyak birder tetapi berfokus pada 3 orang: Stu, seorang CEO dari perusahaan besar yang memutuskan untuk mengundurkan diri demi bisa mengikuti kompetisi ini, Brad, yang adalah seorang pekerja berusia 36 tahun dan gagal dalam segala aspek kehidupannya, dan terakhir adalah Bostick, pemegang rekor The Big Year yang kembali ikut karena takut bahwa rekornya akan terlampaui kali ini. mengahabiskan ratusan (bahkan sampai ribuan) dollar dan meghabiskan waktu ke berbagai wilayah dalam setahun  tentu saja bukan sesuatu yang bisa diterima oleh akal sehat keluarga maupun orang sekitar. Film ini mengkronologikan perjalanan mereka selama setahun bersama masalah-masalah yang timbul dalamnya… siapa pemenang dari The Big Year kali ini?

Walaupun ada tiga komedian nama besar: Steve Martin, Jack Black, dan Owen Wilson terlibat dalamnya, The Big Year gagal sukses di box office dan flop dalam hal pendapatan. Saya rasa ini dikarekanan para birder belum terlalu banyak atau masih melakukan the big year hingga tidak sempat menonton film ini. entah kenapa saya suka sekali tokoh yang diperankan jack black disini. aktingna tidak berlebihan seperti film – film sebelumnya hal sama pun saya sematkan kepada steve martin. Bisa dibilang film ini adalah film pertama di mana saya bisa bersimpati dengan karakter yang diperankan oleh Jack Black dan Steve Martin. Mengerti bagaimana mereka bergumul dengan diri mereka sendiri selain bersusah payah melihat burung. Pada akhirnya perjuangan mereka melihat burung juga adalah intropeksi diri mereka akan kehidupan selama ini. Siapa sangka setahun rehat dari rutinitas bisa membuat seseorang fresh dengan pola pandang yang baru?

Kekurangan film in mungkin dari eksekusi david Frankel yang kurang bisa mengangkat momen – momen dramatis di film ini. seperti saat ketiganya berhasil menemukan burung yang diincar dan impactnya kepada penonton hanya seperti “ ooooo burung baru lagi”. Banyak momen di film ini  yang kegemilannya tidak tersampaikan dengan baik.

Dan menurut saya film ini adalah film yang didiukung oleh 3 komedian ternama dalam the big year tidak terlalu banyak momen canda(malah hampir tidak ada) )tetapi bagi kalian yang mencari film drama yang ringan dengan sedikit nada-nada humor di dalamnya bisa mencoba menontonnya. Yang jelas kalau kalian penggemar berbagai jenis burung, film ini tak boleh dilewatkan! Mana ada lagi film yang bakalan mengangkat soal mencari unggas sepanjang setahun coba?

Score: 80

Movie Details
Director: David Frankel 
Cast:Jack Black, Owen Wilson, Steve Martin
Running Time: 100 Minute

Tidak ada komentar:

Terima kasih udah memberi komentar :D

Diberdayakan oleh Blogger.