Header Ads

Manusia Setengah Salmon

manusia-setengah-salmon_cover
Siapa Yang tidak mengenal  raditya dika? seorag penulis, blogger, comic dan (mantan) pacar sherina ini. namanya makin terkenal setelah menerbitkan bukunya marmut merah jambu sekitar 1 setengah tahun yang lalu. Ditambah seringnya muncul di acara stand up comedy. kali ini raditya dika menerbitkan buku terbarunya yang berjudul MANUSIA SETENGAH SALMON.

Terbitnya manusia setengah salmon menunjukan juga kedewasaan dika sebagai seoang penulis. Kedewasaan yang diperlihatan di buku marmut merah jambu. Seperti halnya buku sebelumnya disini Dika mengangkat satu tema sentral di novel ini dan yang dipilih adalah “Perpindahan“. sepertinya memang cocok mengingat usianya  sudah 25 tahun dan bisda dibilang sudah dewasa.. Sebelumnya Dika pernah menulis tentang mau apa setelah lulus sma? pernah menulis tentang mau kerja apa setelah lulus kuliah? jadi wajar “Perpindahan”  adalah suatu hal yang terjadi di kehidupan manusia.
Kelebihan dari seorang raditya dika adalah down-to-earth alias membumi banget dengan ringan dika menceritakan kejadiannya dalam kehidupannya. bisa dibilang bila dika menulis di luar kebiasaannya itu terasa bukan seorang raditya dika. di buku ini diceritkan tentang hal – hal yang terjadi pada keseharian raditya dika seperti kebiasan san ayah yang selalu senam kentut di pagi hari (bab ledakan paling merdu) atau saat raditya dika saat di Belanda sang ibu selalu terlalu berlebihan sikapnya(bab kasih ibu sepanjang belanda) dan adapula bagaimana pencarian rumah idaman untuk ditinggali dan pasangan yang sempurna untuk kita(bab mencari rumah sempurna)
Selain bab yang menceritakan cerita yang mempunyai pesan moral ada piula bab yang benar – benar membuat saya tertawa terbahak – bahak . seperte tesis mengenai jomblo(bab jomblonology), atau cerita dika bersama supirnya (bakar saja keteknya). Meskipun ada pula bab yang sepertinya tidak penting seperti interview dengan hantu, bab berisi tweet dika.
Dan menurut gue Manusia Setengah Salmon adalah sebuah karya apik dari seorang raditya dika Sang blogger yang kini telah berevolusi menjadi penulis. dan mungkin pada karya – karya berikutnya dika menulis tokoh fikitif seperti lupus hehe
Score: 80
Publisher: Gagas Media
Author: Raditya Dika

Tidak ada komentar:

Terima kasih udah memberi komentar :D

Diberdayakan oleh Blogger.