Header Ads

The Truman Show

936full-the-truman-show-poster

Reality show adalah salah satu tontonan yang menampilkan kehidupan secara nyata dan ditayangkan di televisi. Pernah menonton big brother indonesia yang pernah ditayangkan di salah satu tv lokal? atau acara yang menampilkan keseharian selebriti seperti the osbournes? ya seperti itulah premis cerita film ini. tapi berbeda dengan reality show yang lainny bintang acara ini lahir dan menjadi dewasa.

Truman Burbank (Jim Carrey) tidak menyadari bahwa kehidupannya yang selama ini dia rasakan normal-normal saja sebenarnya hanyalah rekayasa. Hidupnya tidak lain adalah sebuah acara reaity show yang ditayangkan ke seluruh dunia dengan judul "The Truman Show". Sejak Truman masih dalam kandungan dia sudah menjadi bintang reality show ciptaan Christof (Ed Harris). Selama 24 jam kehidupannya disiarkan melalui televisi. Semua orang yang berada disekitarnya baik yang ia kenal baik seperti istri atau sahabatnya sampai orang-orang lewat yang dia tidak kenal sebenarnya hanyalah aktor belaka. Kota tempat dia tinggal, Seaheaven sendiri bukanlah kota sungguhan.

Kota itu hanyalah sebuah studio raksasa yang mana semua yang terjadi mulai dari terbit dan tenggelamnya matahari, hujan, petir, dan semuanya diatur melalui pusat kontrol yang dipimpin oleh Christof. Semuanya baik-baik saja. "The Truman Show" menjadi acara televisi dengan rating tertinggi dan mempunyai banyak penggemar diseluruh penjuru dunia. Hingga suatu hari menjelang ulang tahun yang ke-30, Truman mulai mengalami beberapa peristiwa aneh. Truman mulai merasa curiga bahwa kehidupannya selama ini diatur oleh orang lain. Truman mulai mencoba memecahkan misteri kehidupannya sekaligus mencoba keluar dari kota itu untuk menuju Fiji,menyususl gadis pujaan hatinya yang telah terpisah lama. Sang gadis juga tidak lain adalah mantan aktris reality show tersebut yang sungguh-sungguh jatuh cinta pada Truman dan berusaha memberitahukan semua kenyataan yang ada.

Film ini bisa dianggap sebuah film bodoh atau jenius, bisa disebut bodoh karena cerita yang aneh dan tidak wajar, atau bisa dikatan jenius karena tidak memperdulikan ketidklogisannya.Cukup nikmati perjalanan Truman mengungkap jati dirinya yang sesungguhnya. Kita akan diajak untuk bersimpatik pada Truman sekaligus membenci Christof dan pihak pelaksana reality show ini. Bagaimana mungkin ada orang yang tega memberikan sebuah kehidupan palsu bagi seorang manusia sejak dia kecil dan menghabiskan seluruh hidupnya dalam kepalsuan?

"The Truman Show" tak ubahnya sindiran bagi acara-acara reality show yang mencoba menyuguhkan sebuah hal yang nyata namun pada dasarnya juga adalah kepalsuan. Pihak penonton juga tidak lupa disindir. Sosok para pemirsa dari "The Truman Show" terus menikmati kehidupan Truman yang sebenarnya mereka sudah tahu itu semua hanyalah bentuk kepalsuan, tapi apapun itu mereka menyukainya karena mereka merasa melihat sebuah kehidupan nyata yang menarik karena memang sudah didramatisir. Sekali lagi apa yang disebut "Rating" memang mampu membuat pihak televisi melakukan segalanya.

Kekuatan utama film ini tentu saja ada pada sosok jim carrey, meskipun lebih dikenal dengan film komedi. Walaupun tetap diberi porsi komedi di film ini unsur drama lebih kental. Tapi sekali lagi film ini membuktikan kualitas seorang jim carrey.

Dan menurut saya Film yang mampu membuat kita simpatik akan tokoh utamanya dan mampu menggelitik kita baik melalui komedi yang terselip maupun dengan selentingan dan ledekan terhadap dunia per-televisian.

Score: 80

Movie Details
Director: Peter Weir
Cast: Jim Carrey, Ed Harris and Laura Linney
Running Time: 103 Minute

Tidak ada komentar:

Terima kasih udah memberi komentar :D

Diberdayakan oleh Blogger.