Header Ads

Ketika jamannya cloud storage

Cloud Storage
Mungkin sudah banyak yang mengetahui yang namanya CLOUD STORAGE. Oke gue jelasih terlbih dahulu menuruh pemahaman gue. Cloud storage Adalah media penyimpanan secara online. Untuk dapat mengakses data tersebut, para penggunanya dihubungkan dengan server melalui halaman web. Jenis file yang dapat disimpan juga bermacam-macam, bisa berupa dokumen, gambar, audio, ataupun video. Loh terus bedanya dengan media seperti hard drive, flash drive, dvd, dll? Gue kasih tau Deh beberapa Kemampuan cloud storage.
Keuntungannya cloud storage :
memang saat ini suah banyak media penyimpanan untuk menyimpan data – data yang kita punya. DVD,cd, flashdisk, disket(masih ada?), harddisk atau yang lainnya. banyak hal yang mungkin tidak diperhintungkan seperti sudah tuanya umur hardisk dan mesti membeli yang baru, atau karena suah penuh hardisknya maka perlu membeli yang baru dan membuat backup data – data penting. lalu memasukannya ke hardisk baru. flashdisk?  kadang sebuah flahhdisk dapat membuat bayak masalah, contoh lupa membawanya, hilang saat dipakai, lupa menaruhnya, padahal data – data yang ada pada flashdisk itu rata – rata adalah adalah data penting.  Saat ini dengan tingkat kebutuhan yang tinggi maka tempat datapun menjadi salah satu kebutuhan. lalu apa untungnya cloud storage? Para penyedia layanan ini menggunakan ratusan server untuk menyimpan file-file. Karena tentu saja mereka harus mengadakan maintenance secara berkala. Ruang yang terbatas? Sepertinya ruang yang disediakan sudah lebih dari cukup. Kalo penuh (nggak tau nyimpen apaan aja) tinggal bikin akun baru lagi. Yang paling ditekankan dari keuntungan teknologi ini adalah kemudahan mengakses data-data kita di mana saja dan kapan saja. Keuntungan yang lainnya kita bisa berbagi data dengan teman atau rekan kerja meskipun jarak memisahkan
Kekurangannya cloud storage :
Memang teknologi hampir pasti mempunyai kelemahan. salah satu kekurangan cloud storage adalah keamanan. ya meskipun sudah berhati – hati tetap saja bisa bocor hehe, Kekurangan lain adalah gangguan pada saat mengakses data, entah itu disebabkan karena koneksi yang bermasalah atau server yang sedang ‘down’. Pengeluaran pun bertambah karena kita harus terhubung dengan internet untuk menggunakannya (kecuali ada yang menyediakan jasa akses internet gratis).

Kapan Menggunakan cloud storage :
Beberapa orang menggunakan tekhnologi ini saat mereka menyimpan pekerjaan mereka yang sering digunakan.Saat mereka berpindah tempat mereka tak perlu repot membawa data-data yang diperlukan untuk bekerja di tempat baru. Atau berbagi pakai file mereka dengan pengguna lain tanpa harus tuker-tukeran flashdisk. Sebagian orang lainnya menggunakan teknologi ini untuk menyimpan data-datanya sebagai cadangan (backup). Misalkan hardisk rusak atau flashdisk jebol, masih ada cadangannya, tinggal di-download aja.
Ada beberapa penyedia layanan cloud storage ini adalah :
data_center
Selain cloud storage diatas ada beberapa contoh lainnya :
1. Dropbox (rekomendasi gue)
Salah satu cloud storage populer saat ini, saat mendaftar disini anda akan mendapatkan 2 gb secara free dan akan mendapat 250 mb bila anda mengundang orang untuk menggunakan layanan ini.  kalo gak salah bisa sampai 8 gb. kelebihannya dropbox mempunya aplikasi yang dapat mengsinkronkan data. dan dapat berbagi dengan mudah untuk pekerjaan atau sekedar berbagi.
2. box
tidak berbeda jauh dengan dropbox. layanan ini menyediakan 5 gb secara gretong alias gratis saat mendaftar.
3. Sugarsync
saat daftar maka berhak untuk mendapatkan 5 GB penyimpanan secara gratis. seperti dropbox maka akan bertambah bila mengundan untuk memakai layanan ini.
Dan adapula teamdrive dan syncplicity.
Saran dari saya untuk memilih fasilitas cloud storage itu bukan dari besarnya tapi dari kemampuannya, seperti kecepatan mengakses, kemudahan pemakain, dan keamanannya fasilitas itu.
Jadi apakah anda mau memulai memakai cloud storage?

1 komentar:

Terima kasih udah memberi komentar :D

Diberdayakan oleh Blogger.