Header Ads

[Review] Gate: Jieitai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri

Gate
Tema Fantasi adalah salah satu yang sering dibuat menjadi sebuah seri anime, terkadang  ada adegan ada pedang dan shir bertemu dengan senjata api dan granat. yah meskipun bukan menjadi bahan utamanya lebih sering menjadi pelengkap saja. Biasanya cerita seperti itu hanya 1 orang saja yang pergi ke dunia yang tidak dikenal, tapi kali ini Gate memberikan suatu yang berbeda, sebuah negara bisa pergi ke dunia yang baru dan tidak dikenal
vlcsnap-6426-10-12-06h12m47s171
Agustus 20XX, portal menuju Dunia paralel, dikenal dengan nama “Gate,” tiba-tiba muncul di Ginza, Tokyo. Monster dan pasukan tempur muncul dari dalam portal, merubah wilayah perbelanjaan menjadi medan perang. Pasukan Angkatan Darat Jepang segera mengambil tindakan dan memukul mundur makhluk fantasi kembali ke dalam “Gate.” Untuk melakukan negosiasi dan persiapan perang di masa mendatang, Angkatan Darat Jepang mengirim tim Pengintai ke “Wilayah Khusus” di balik Gate. Youji Itami, Perwira Angkatan, dikenal sebagai otaku berumur 33 tahun, ditunjuk sebagai pimpinan tim. Di tengah pertempuran, tim mengunjungi berbagai tempat dan belajar banyak tentang budaya lokal dan geografi. Berkat usaha mereka melindungi umat manusia, walau dengan berbagai kesulitan mereka berhasil bertemu penduduk lokal. Mereka bahkan bertemu Elf cantik, penyihir, setengah Dewi dan berteman dengan mereka. Di lain pihak, kekuatan besar dari luar Gate seperti AS, China, dan Russia sangat tertarik dengan banyaknya sumber daya di Wilayah Khusus. Mereka mulai menekan Pemerintah jepang secara diplomatik. Portal menuju Dunia lain yang tiba-tiba muncul—sampai kekuatan besar yang sepertinya tak lebih dari sekedar aset untuk menggulingkan tatanan internasional. Tapi, bagi tokoh utama kita, ini adalah kesempatan tak ternilai untuk memperluas pengetahuan, pertemanan, dan pandangan mereka terhadap Dunia.
vlcsnap-0678-06-01-03h25m45s194
Dengan premis seperti itu tentu saja menarik perhatian saya (yang sebelumnya saya tidak tertarik untuk menontonnya) yang cukup menyukai genre fantasi dan militer. Itami sang tokoh utama karakternya tidak dibuat menjadi karakter yang terlalu serius dan berdarah panas. kalau boleh dibilang itami ini seorang yang santai dan ingin berlagak santai tetapi pada saatnya dia bisa sangat serius sebagai tentara. terkadang saya sangat kesal bila melihat karakter utama yang tipe darah panas, bodoh, bertindak tanpa berpikir sebab akibatnya. itami berbeda selain dia sudah cukup dewasa dia pun lebih mementingkan hobinya daripada pekerjaannya.
vlcsnap-1285-03-11-15h20m39s264
Penceritannya yang menurut saya cukup natural tidak dibuat – buat alias terlalu mengada – ngada. biasanya tema militer hanya tentang tembak – menembak, menghancurkan musuh dan menang tapi gate (kita sebut begitu saja) ini berbeda, Gate memberikan pandangan lain dari perang. perang antara kekaisaran dan jepang tidak hanya saling serang saja tapi bisa dilihat bagaimana efek politik, ekonomi, budaya dari 2 dunia yang berbeda.
gate
Yah kebanyakan film yang bertema fantasi dan militer seperti dijelaskan seperti diatas. tapi di gate ini tidak, jepang bisa saja langsung bawa roket trus membombardir kerajaan dan akhirnya menang, tapi tidak dilakukan karena? itu akan ada jawabannya  nanti di akhir artikel ini

vlcsnap-4896-01-18-02h34m09s087
Selain cerita yang mantap visualisasi yang digambarkan di dunia lain ini sangat bagus. saat adegan perang atau bertempur tidak main – main alias niat banget bikinnya. adegan perang antara tentara melawan pasukan kerajaan sangat luar biasa tidak seimbang, meskipun begitu pasukan kerajaan tidak menyerah. bahkan pertarungan dengan naga api digambarkan sangat baik.
vlcsnap-2954-04-16-03h18m06s440
Pendapat saya anime ini sangat bagus baik dari segi cerita maupun  visualisasinya. cerita itama sebagai tentara otaku pun sangat menarik apalagi ada 3 gadis yang berusaha mendekatinya, ada gothic loli, elf dan penyihir yang berusaha mendekati itami, selain itu ada juga putri pina yang saya hampir melupakan keberedaan putri pina sebagai penengah dari pihak kerajaan untuk bernegosiasi dengan pihak jepang, yang kelakuannya cukup menarik.
vlcsnap-9202-09-27-05h54m40s296
Selain bercerita di dunia fantasi, tidak lupa juga diceritakan petualan mereka di jepang, nuansa politik sangat terasa sekali di beberapa episode, Gerbang yang muncul di jepang saja pun memunculkan aroma kecemburuan dari beberapa negara besar lain (america,china, rusia).Bagi saya yang tidak membaca novel dan manganya cukup membuat penasaran kemana arah ceritanya apakah akan mengarah, apakah perdamaian antara jepang dan kerajaan akan tercapai dengan cara apa? perang atau politik? sayangnya anime yang awalnya berjumlah 24 episode ini hanya tayang menjadi 12 episode saja, tapi tenang sisa 12 episode akan tayang pada januari 2016 yang kemungkinan akan menyelesaikan satu masalah tentang “naga”. oh awalnya saya tidak membaca tapi karena rasa penasaran saya pun akhirnya membaca versi manganya yang menurut saya penggambaran cerita di manga cukup dark dan kelas berbeda dengan versi anime yang cukup  hmmmmm moeblob

Dan tentu tidak lupa kalau musim baru artinya waifu baru dan waifu saya di anime ini sekaligus waifu saya musim ini adalah:
 lelei la lelena

Tidak ada komentar:

Terima kasih udah memberi komentar :D

Diberdayakan oleh Blogger.