Header Ads

[Review] Muv-Luv Alternative: Total Eclipse

Muv Luv

Dulu TV Lokal cukup sering menayangkan anime mecha, mulai dari Gundam, Patlabor, Macross dll. Gundam wing adalah salah satu yang paling saya ingat pernah tayang di minggu pagi. dulu saya bangun pagi gak tidur lagi setelah subuh biar bisa nontong gundam wing. Kalo sekarang mungkin pada baru tidur yah. dulu saya pikir anime genre mecha itu simpel, pertarungan antara robot saja, antara yang jahat melawan yang baik. setelah ditonton ulang kebanyakan itu cukup sulit dipahami bagi anak – anak seumuran saya pada saat itu ( kelas 4-6 sd) bagaimana tidak gundam wing menurut saya itu bukan sekedar pertarungan antar robot saja tapi pertarungan politik antara bumi dan koloni. sudah bahas anime jadulnya sekarang saya akan bahas anime yang mecha yang agak tidak mainstream yaitu Muv-Luv Alternative: Total Eclipse. kenapa saya sebut tidak mainstream?


vlcsnap-error872

Pada tahun 1973 alien dengan nama BETA (Beings of Extra Terrestrial origin which is Adversary of human race) menyerang bumi dan mengusir semua penduduk yang bertempat tinggal di bulan, 28 tahun kemudian mereka merusak dan menguasai hampir seluruh Eurasia, dan membunuh 1 juta jiwa manusia.Tahun 2001 semua pilot terbaik di seluruh dunia berkumpul di alaska dimana tempat itu bernama Yukon, mereka berkumpul untuk bekerja sama mengurusi masalah global dimana AS sedang berencana dan mengembangkan persenjataan TSF untuk melawan BETA, dimana semua pilot di cek mengunakan sebuah prototype. Brigadir Yuuya Letnan 2 salah satunya dia adalah seorang yang tidak konvensional dan pilot terbaik yang ada di pelayanan militer AS, hanya saja dia membenci orang Jepang, karena ayahnya yang berasal dari Jepang meningalkan dia dan ibunya, oleh karena itu diapun mendaftarkan diri dan di tempatkan di Yukon oleh Atasan yang menjengkelkan yang kemudian membuat dia pergi ke Yukon, dari semua pilot yang datang dari berbagai negara, Dia dipercaya menjadi Pilot terbaik karena dilihat dari latar belakang pendahulunya.
vlcsnap-error091
Dat ASS
vlcsnap-error485
Desain Menggoda iman 

Pertama – tama 2 episode awal adalah prolog sebelum inti cerita dimulai yang cukup memancing banget, saya kira ini anime yuri  yang hanya akan fokus ke pilot wanita saja. desain kostum pilotnya sangat menggoda iman banget kan?
vlcsnap-error630
Jadi kamu mau jadi istriku?

Baiklah sekarang serius saya akan mulai reviewnya. Ini bukan anime tentang seorang pria tiba – tiba menemukan robot terus dengan mudahnya mengendalikan robot tersebut. ini juga bukan anime dengan karakter utama maju di garis depan di medan peperangan. ini bukan anime dengan keajaiban kekutan teman-temannya untuk mengalahkan yang jahat.
vlcsnap-error888
Robotnya lumayan juga

Alasan tersebut cukup menjelasakan kenapa anime ini bukan mainstream meskipun ada beberapa yang cukup mainstream sih.  menariknya anime ini kita diperlihatkan kondisi dimana robot prototype sedang diuji coba dan tidak  muncul dengan luar biasa di garis depan dan dapat dikendalikan dengan mudah lalu menang perang deh. disini tidak seperti itu, yuuya yang berbakat saja tidak bisa mengendalikan robotnya pada awal – awal.  Disini kita diperlihatkan pengujian robot oleh para pilot uji coba, bila anda suka menonton balap formula 1. para driver utama tidak langsung mencoba mobil utamanya tetapi dicoba terlebih dulu oleh test driver untuk menyesuaikan pengaturan umum dan lalu diberikan kepada pembalap utama untuk di atur sesuai seklera masing – masing, yah seperti itulah tugas testing pilot.
vlcsnap-error474
Our hero

Sifat yuuya pun boleh saya bilang tidak dibuat – buat, malah cenderung natural. para karakter lain seperti takamura yui yang sedikit tsundere menjadi pemanis, scarlett twinn  yang menggoda iman, tidak lupa dengan tim argos berisikan orang – orang yang cocok 1 tim dengan yuuya ini.
vlcsnap-error373
Team Argos

Kita pun bisa melihat selain jepang dan amerika negara-negara lain pun ikut terlibat, biasanya kalo anime pasti semuanya jepang negara lain cuma selintas lewat doang, disini tidak saja mengisahkann tentang para pilot saja tetapi aroma politik , arti perang itu sendiri diceritakan.
vlcsnap-error784
Adegan  yang mantap

Anime mecha tentu jualan utamanya adalah robotnya, desain robotnya tidak ramping dan seksi seperti gundam, tapi masih cukup enak dilihat meskipun banyak mesin pendorong disana – sini dan tanduknya juga. senjatanya kita tidak akan meliat adegan beam saber tetapi pedang raksasa dan pisau gergaji. senjatanya pun hanya senjara senapan bukan laser, lasernya aja masih diuji coba. adegan pertarungannya antar robot MANTAP, adegan pertempuran lawan BETA juga MANTAP.
vlcsnap-error085
lagi ngasih makan

BETA sebagai musuh utama disini hanya seperti musuh sampingan karena memang fokusnya adalah di pengujian robot baru alias garis belakang jadi tidak diperlihatkan secara langsung bagaimana garis depan bertempur. meskipun begitu banyak adegan yang cukup membuat perut agak mual.
vlcsnap-error579
kelihatan kan bedanya?

Pendapat saya? bila bosan dengan anime mecha yang itu – itu saja kalian bisa tonton ini . tidak ada adegan tiba-tiba menemukan robot jatuh dari langit, karakter utama dengan ajaib mampu mengendalikan robot sepenuhnya., Dengan kekuatan rekan – rekan mampu mengalahkan musuh, teriak – teriak saat bertarung mengeluarkan nama  jurusnya gak ada. tapi adegan pantai, adegan terdampar, adegan pemandian air panas tentu saja ada.

vlcsnap-error218
Pasti ada aja adegan beginian


Dan jangan lupa anime ini mengandung genre harem tersembunyi

vlcsnap-error558
vlcsnap-error214
vlcsnap-error732
vlcsnap-error597



vlcsnap-error287
Resmi Saingan Cinta?

Tidak ada komentar:

Terima kasih udah memberi komentar :D

Diberdayakan oleh Blogger.