Header Ads

[Review] Full Metal Panic!

full-metal-panic-kaname-sousuke-mecha-wallpaper

Sekitar 10 tahun yang lalu bisa dibilang acara tv nasional lebih banyak variasinya karena kebanyakan tayangan saat itu hanyalah seminggu sekali meskipun ada beberapa tayangan yang hampir tayang setiap hari. bila saat ini Anime atau yang biasa dibilang kartun yang tayang saat di tv nasional kebanyakan adalah yang cukup aman agar bisa tayang ditayangkan hampir setiap hari (pengecualian anime hari minggu) seperti dragon ball dan naruto yang tayang hampir setiap hari yang menurut saya malah akan cepat membuat bosan. Kenapa? yah udah tayang tiap hari sekali tayang 2 episode itu membuat rasa bosan cepat muncul kadang karena tiap hari entah kenapa banyak yg suka “niru –niru” adegan dari anime tersebut dan entah kapan tiba – tiba tidak tayang lagi dengan berbagai alasan. sekitar 10 tahun lalu anime yang tayang di tv nasional boleh dibilang cukup banyak variasi salah satunya adalah Full Metal Panic! meskipun seingat saya tidak sampai tamat hanya sekitar 8  episode saja alias 1 arc saja yang diselesaikan.

FMP (7)

Sousuke Sagara adalah seorang spesialis militer yang berusia tujuh belas tahun, bekerja untuk organisasi rahasia Mithril, Dia telah ditugaskan untuk melindungi Kaname Chidori. Untuk menyelesaikan tugas ini Sousuke harus berurusan dengan musuh dari masa lalunya serta sesekali pencuri pakaian dalam. Sayangnya untuk Sousuke, bagian terberat dari misinya tidak hanya melindungi Chidori tetapi juga membiasakan diri untuk hidup diantara siswa kehidupan SMA, bukanlah tugas yang mudah bagi seseorang yang dibesarkan di medan perang. Bagaiman cara Soussuke dalam melindungi Chidori?

FMP (1)

Mulai darimana yah? sepertiyna daya tarik utama anime ini menurut saya adalah kelakuan paranoid koplak sersan sagara sousuke. dengan segala kemampuan dia di bidang militer tetapi untuk masalah sosial terutama masalah anak SMA adalah hal yang sangat sulit. Dalam 3 episode awal kelakuan sousuke menjadi daya tarik utamanya menurut saya yah. Kelakuan sagara yang paranoid dan sikapnya yang terlalu kaku karena merupakan seorang militer sangat pas dipasangkan dengan chidori kanama sang heroine utama disini.

FMP (4)
Chidori yang bisa dibilang adalah “cewek“ SMA  pada “umumnya” yang mempunyai sifat yang bisa kita lihat di kebanyakan anime yang sudah tayang. Chidori kaname itu adalah gadis yang bisa diandalkan, pintar, bertanggung jawab, rajin tapi dia juga adalah Tsundere kelas berat, mempunyai kekuatan Gorilla merasa dirinya tomboi tapi ingin diperlakukan sebagai gadis normal SMA pada umumnya.
FMP
Dengan cerita chidori sebagai target suatu organisasi jahat dan sousuke diharuskan menjaganya tanpa ketahuan tentu menimbulkan situasi absurd bin kocak. tentu saja itu hanya awalnya dengan total 24 episode cerita itu akan terus berkembang ke arah yang makin ngaco.
arbalest

Dengan genre Mecha dan militer tentu merupakan kombinasi yang cukup unik, bisa dibilang kehidupan sekolah yang kacau merupan kebalikan dari dunia militer yang sousuke hadapi. di dunia militer sersan sagara merupakan ahli dalam menggunakan AS alias robotnya. pertempuran antar robot bisa dibilang cukup bagus dan ketegangan saat para robot bertempur pun sangat terasa. untuk desain mecha nya tidak banyak yang mempunyai tampilan yang menarik tetapi tiap robotnya mempunyai ciri khas tersendiri dengan kemampuannya masing- masing dengan bentuknya tersebut.

FMP (3)

Satu lagi yang cukup menarik bagi saya disini adalah sosok musuk utama kalau boleh saya bilang seperti itu. Sosok Gauron sebagai musuh utama di seri ini sangat luar biasa pas sebagai peran penjahat, seorang teroris yang tidak kenal belas kasihan demi mencapai keinginan yang dicapainya, sebagai seorang musuh pun dia mempunyai kriteria yang cukup menarik, mempunyai hubungan dengan masa kecil sagara, susah banget matinya, mampu menguasai robot yang menggunakan tekhnologi canggih dengan lihai dan jangan lupa otaknya dia sangat cerdas dan di
gunakan dengan baik. sosok musuh yang paling tidak diinginkan bagi para peran protagonis.

FMP (6)

Dengan banyaknya Kombinasi cerita membuat FMP sampai sekarang dengan usia yang lebih 10 tahun sejak pertama kali ditayangkan masih tetap menarik untuk dinikmati, cerita ringan khas anak sekolah digabungkan dengan aksi pertarungan robot dengan komposisi yang pas membuat anime ini tidak bosan ditonton. para karakter lain selain chidori dan sagara pun tidak kala menariknya. meskipun hanya sebagai pelengkap saja tapi mereka mempunyai peran penting juga loh.

FMP (2)

Hampir lupa sosok kapten imut tessa ini (serius nama aslinya bikin males ngetik) yang merupakan saingan cinta chidori menjadikan ceritanya semakin menarik.Tessa ini lebih agresif kalo ada kesempatan.

hmm (4)
Team Chidori
hmm (1)
Team Tessa

8 komentar:

  1. Sampe tamat kok, ep terakhirnya Kaname sama Sousuke mancing di pinggir laut itu tayang di TV7. Lagipula 24 episode itu ditayanginnya tiap hari, jadi nggak berasa sebulan aja udah abis.

    Pas Fumoffu baru di Global TV... dan yang itu saya nontonnya kalo inget doang, banyak kelewat XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. serius ampe tamat? saya gak nonton ampe tamat waktu dulu cuma nonton ampe arc pertama doang. mungkin karena tiap hari jadi kelewat hhahaha. tv7 awal2 emang keren banyak anime kalo gak salah ada ghost at school, flame of recca dll. ah ketauan tuanya hahaha

      walah saya malah gak tau fumoffu pernah di global tv

      Hapus
    2. Yep sampe tamat.

      Ah... Ghost at School itu juga saya nonton sampe abis, terakhirnya si Amanojaku ninggalin kucingnya Satsuki setelah semua masalah roh"an di sekolah selesai. Kalo Flame of Recca saya nggak nonton.

      Yep, FMP Fumoffu pernah di Global. Tapi karena episodenya sedikit dan juga Senin-Jumat, makanya cepet banget dan nggak pernah re-broadcast, mungkin itu yg bikin Anda nggak tau. Yang keren kayak Scrapped Princess juga pernah di situ... pas awal" stasiun TVnya sempet ada beberapa anime sih, DN Angel juga ada kalo nggak salah.

      Saya juga banyak taunya yang ditayangin pas hari kerja sih, kalo yang Minggu pagi gitu banyak yang nggak tau XD

      Hapus
    3. ghost at school itu lumayan bikin merinding, saya nonton itu pas sd hahaha jadi yah kerasa gitu seremnya apalagi lagunya pas di dubbing pas banget.

      yah tv itu lumayan hebat kayaknya buat narik para penonton gitu sebagai tv baru.

      yah lumayan inget itu ada trigun, ninku, rave master biasanya habis ngaji sore nontonnya. kalo yang minggu sih dari pagi ampe siang nonton tv gitu.
      kalo sekarang sih acara tv lokal jarang bgt yg bagus hahaha. kalo dulu hari minggu pagi2 pengen nonton kartun pagi, kalo sekarang kayaknya baru pada tidur subuh deh ahaha

      Hapus
  2. Wah banyak banget serial animenya. Dulu saya ngikuti lama-lama pusing juga ada yang tidak selesai-selesai. Kalau anime Full Metal Panic ini saya suka, ada yang The Raid juga dimana nuansanya lebih suram.

    BalasHapus
    Balasan
    1. FMP ini salah satu anime mecha favorit ceritanya bener2 pas dan yang paling keren itu robotnya gak main laser2 gitu (meskipun ada yg pake laser tapi gak sering ada)

      Hapus
  3. 2016 dan masih ada yang bahas ini seneeeng, saya fansnya FMP nnotn pertama kali di tv7 dan hebatnya tanyang sampai habis walau lemayan vulgar... terakhir FMP the 2nd raid dan sampai sekarang animenya belum ada lanjutan :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. konon sih bakal ada lanjutannya, beritanya juga udah ada cuman blm ada kabar selanjutnya.

      salah satu anime mecha selain gundam yang saya awal tonton dulu.

      Hapus

Terima kasih udah memberi komentar :D

Diberdayakan oleh Blogger.