Header Ads

[Review] Shirobako

Shirobako_thumb

Setelah sekian lama akhirnya bisa juga membuat Review anime ini. yap Shirobako anime tentang pembuatan anime . Proyek anime original P.A Works ini awalnya saya tertarik dan tidak tertarik. tapi akhirnya saya memutuskan menontonnya pada saat itu. setelah berselan setahun akhirnya saya menonton ulang. jadi bagaimana anime tentang pembuatan anime ini?

20631_thumb

Aoi tidak akan pernah lupa bagaimana perasaannya saat klub animasi SMAnya yang memiliki karya yang dikerjakan dengan cinta ditampilkan di festival budaya. Rasa kagum dan rasa prestasi yang datang dengan menyelesaikan proyek pertama mereka adalah hal yang mendorong Aoi dan teman klubnya untuk memasuki industri animasi. Tapi dua tahun kemudian Aoi telah lulus, dan sekarang dia bekerja sebagai asisten produksi untuk sebuah studio animasi ternama, realitas menakutkan yang menghantui pekerjaannya membuat ia agak berkurang semangatnya. Meskipun berjam-jam dan jadwal deadline menghantuinya, Aoi masih berharap untuk memenuhi janji dia dan teman-teman klubnya Ema, Shizuka, Misa, dan Midori untuk suatu hari menyatukan kembali dan membuat film animasi mereka sendiri sebagai profesional!

shirobako-12_thumb8

Serius saya bingung mulai darimana membuat review tentang anime yang satu ini. Anime yang menceritakan pembuatan anime itu saja sudah membuat saya bingung pada awalnya tapi setelah saya tonton ternyata hasilnya adalah salah satu anime yang menurut saya terbaik dalam beberapa tahun kebelakang terutama dalam anime original yap bukan dari adaptasi manga,light novel, game atau apapun. Shirobako adalah sebuah anime original produksi P.A Works yang pernah membuat Angel Beats, Hanasaku Iroha, Tari tari dan Glasslip lainnya. anime yang tayang Anime yang tayang dari Oktober 2014 sampai Maret 2015 ini memberikan sesuatu yang beda dan belum pernah dicoba dalam serial tv sebelumnya, iyah dulu ada Bakuman cerita tentang pembuatan manga dan seluk beluknya ada juga saekano cerita tentang pembuatan Galge atau visual novel. tapi Shirobako ini adalah anime yang menceritakan pembuatan anime.

shirobako-10_thumb

Jadi apa yang menarik dari shirobako adalah bagaimana cara menyajikan ceritanya. tidak dibuat dengan terlalu amat serius dan tidak terlalu dibuat agar lucu. semua mengalir dengan baik ceritanya. komedi yang disampaikan tidak hanya menjadi elemen untuk candaan menghibur saja tetapi menjadi salah satu kelebihan shirobako. Tidak hanya karakter utama saja yang menonjol dan mempunyai karakter kuat tetapi hampir tiap – tiap karakter pendukung (support) di shirabako juga diberi perhatian dan kepribadian yang mendalam. beberapa karakter menggunakan orang sungguhan sebagai modelnya kebanyakan sebagai karakter pendukung yang mungkin beberapa sifat aslinya dimasukan ke dalam anime ini. Hal inilah yang membuat anime shirobako ini sangat terasa para karakternya terasa atraktif, berbobot dan terasa menjiwai yang akhirnya menjadikan mereka sebagai elemen yang ikut memperkuat characther development dalam shirobako secara keseluruhan.

shirobako-4_thumb

Cerita yang ditawarkan Shirobako ini mengalir dengan sangat baik, tiap konflik, tiap permasalahan, tiap hambatan diceritakan dengan sangat baik. Bagaimana suatu anime diproduksi adalah inti cerita anime ini. anime ini menjelaskan detail pembuatan anime secara cerdas. tidak hanya sekedar menyodorkan tahapan – tahapan yang dilalui atau istilah – istilah yang khas yang digunakan secara datar yang biasanya ada di dokumenter. shirobako berhasil membuat sebuat jalan cerita yang rapih, bagaimana bila ada masalah dalam suatu produksi anime, dampaknya dalam produksi, dan juga kaitannya dengan kondisi industri anime secara umum diceritakan dengan baik. hukum sebab akibat jelas sangat terlihat. Jadi intinya kalo nonton shiraboko ini sangat menarik banget saya sebagai penonton selalu menantikan kelanjutan tiap episodenya.

girls_thumb1

Belum lengkap bila tidak membahas para karakter utamanya. 5 gadis mudah yang mempunyai mimpi membuat anime bersama suatu saat nanti ini tiap karakternya sangat menarik. tiap karakter mempunyai karakter dan permasalahannya sendiri, ada yang tidak percaya diri,punya idialisme yang kuat, tidak beruntung, merasa tidak mampu dan macam – macam. 5 karakter ini mampu diceritakan dengan sangat baik, kita sampingkan dulu miyamori yang dapat jatah paling banyak.

Sosok yang menarik bagi saya ada 3 yaitu, ema, misa dan zuka, ema yang tidak percaya diri dengan kemampunnya dalam menggambar saat dirinya mengalami konflik krisis percaya diri dia tidak mampu mengatasinya sendiri tapi dengan dorongan dari temannya dan rekan kantornya akhirnya dia bisa bangkit, ema telah tumbuh baik secara animator maupun manusia, sosok berikutnya yang cukup menarik adalah misa, seorang 3D grafic atau apalah posisinya saya kurang tau tepatnya, dia ragu dengan pekerjaannya karena tidak sejalan dengan impiannya, kebanyakan para pekerja muda cukup banyak yang seperti ini, lalu bagaimana akhirnya? yah seperti yang sudah diprediksi adalah dia keluar dari pekerjaan yang nyaman demi menggapai impiannya membuat anime. untuk Zuka saya sedikit kecewa karena paling sedikit mendapatkan jatah tampil. meskipun mendapat jatah tampil paling sedikit tapi tiap kali kemunculannya selalu berkesan dan membuat penonton berempati padanya, penonton disajikan bagaimana zuka gagal, jatuh, terpuruk, bingung dan takut akan masa depannya dan hampir saja menyerah tapi sekali lagi dengan sebuah rangkaian cerita yang dibuat dan ditata dengan sangat rapi kesempatan datang dan “menyelematkannya”

Yang paling kurang mendapatkan pengembangan karakter yang bagus adalah imai midor atau diesel chan menurut saya sedikit banget baik jatah cerita maupun jatah pengembangan karakternya yah mungkin karena yang dan masih kuliah jadi masih cukup optimis dibanding yang lain.

sekarang giliran tokoh paling utama di seri ini tidak lain dan tidak bukan miyamori aoi
shirobako (18)_thumb

miyamori adalah karakter paling sering tampil diantara 4 gadis lain. bekerja sebagai asisten produksi lalu naik pangkat menjadi manager (production runner) miyamori adalah bisa dibilang gambaran bagaimana beberapa pekerja muda mengerjakan pekerjaan yang disukainya dengan semangat. terlihat sederhana dari luar tapi kritis, mengerjakan pekerjaan yang dicintainya dengan giat dan tulus mungkin karena masih muda serta pengalaman yang masih belum banyak maka terkadang menampilkan sifatnya yang polos dan naif. sama seperti para tokoh yang lainnya miyamori pun tumbuh dan berkembang menghadapi konflik baik itu internal maupun eksternal. kehadiran dua boneka miyamori untuk menunjukan dan memperdalam kepribadianya adalah hal yang sangat menarik.

miyamori_thumb

cukup menarik adalah cukup banyaknya ekspresi muka miyamori yang berubah – ubah itupun menjadi salah satu poin plus

kantoku kinoshita_thumb
Karakter kinoshita kantoku menurut saya adalah yang paling moe di anime ini. saya bisa saja lebih panjang tapi entar malah ngalor ngidul.

vlcsnap-7847-01-01-10h45m58s095_thumb

Untuk tarou dan hiraoka mungkin banyak yang gak suka mereka tapi menurut saya 2 karakter ini adalah satu pemberi warna di anime ini. hiraoka yang muncul di bagian ke 2 sebagai asisten produksi pada awalnya mungkin terlihat menyebalkan dan cukup egois tapi dibalik semua itu dia mempunyai alasan yang cukup logis selain itu dia masih mempunyai impian yang besar. untuk tarou? si kampret ini luar biasa banget bahkan saat ada wawancara kerja dia dijadikan patokan agar tidak menerima yang seperti tarou lagi, tarou ini meskipun rada – rada tapi kecintannya terhadap industri anime luar biasa, bisa dibilang tarou yang ngomongnya ceplas ceplos mungkin perwakilan orang – orang di internet yah?
Secara keseluruhan anime Shirobako adalah anime yang menekankan interaksi antar tiap karakter sebagai kekuatan yang membangun cerita. Alur cerita shirobako dibuat dan dijaga agar tetap bernuansa ringan dan fun dengan timing yang pas baik untuk bagian komedi maupun saat – saat dimana adegan yang bisa menyentuh perasaan.

sugie_thumb[1]
saat bahagia kita bisa merasakannya
miyamori nangis_thumb[1]
bahkan saat menangis terharu pun penonton dapat merasakannya

HorribleSubs-Shirobako-24-720p.mkv_snapshot_24.22_2015.03.28_19.43.02_2_thumb

Penulisan cerita dan karakternya dibuat dengan sangat rapih dan detail hampir tidak ada celah, cerita yang pas dan konsisten dengan alur yang tidak terburu – buru atau terlalu lambat. Meskipun dari segi visual biasa saja tapi toh anime ini bukanlah anime yang buat untuk unjuk kualitas visual.

all shirobako_thumb
Jadi shirobako adalah sebuah anime yang sangat bagus banget, sebagai penonton saya merasakan apa yang ingin disampaikan anime ini yaitu energi, tema, optimisme, harapannya, dan kecintaannya akan manusia dan anime itu sendiri. shirobako merupakan salah satu anime yang tidak akan mudah dilupakan oleh penggemar anime.
B0IkoLoCIAAcs9l_thumbB0FjUQ6IQAAkH5m_thumb
seperti yang saya sebutkan diatas beberapa karakter diambil dari orang sungguhan, dan ada juga beberapa cameo dari nama – nama terkenal juga tentu saja tidak dengan nama aslinya, bahkan ada beberapa parodi anime dan studio anime
neng yano_thumb
Best girl? bukan 5 karakter cewek utama tapi yano. meskipun pengennya segawa-san sih

Tidak ada komentar:

Terima kasih udah memberi komentar :D

Diberdayakan oleh Blogger.