Header Ads

[Review] Chihayafuru


 
 
Salah satu anime yang pengen saya bikin ulasannya tapi akhirnya saya melupakannya kebiasaan banget tapi setelah beberapa minggu yang lalu saya menonton adaptasi live action dan ternyata bagus akhirnya saya malah kepikiran buat menonton ulang lagi anime ini. Jadi setelah menontannya untuk yang kesekian kali (tapi gak seserius saat pertama kali menonton sih). entah kenapa lagi males - malesnya buat bikin review anime, niat selalu ada tapi ketika pas mau selalu aja ada malesnya. tapi ketika lagi ngetik niat itu muncul lagi lalu susah dihentikan deh.
 
 
 


Bercerita mengenai perjuangan Ayase Chihaya, seorang anak SMA yang cantik tapi cuek, untuk menjadi juara nasional Karuta (dengan gelar Queen). Kesukaannya pada Karuta dimulai ketika SD, Chihaya dan friendnemy-nya Taichi diperkenalkan pada Karuta oleh Arata, anak pindahan di SDnya, yang dianggap aneh oleh teman sekelasnya karena logat daerahnya, tapi ternyata merupakan cucu dari master karuta. Walaupun setelah lulus SD mereka berpisah, Chihaya tetap bermain Karuta, sambil berharap kedua sahabatnya juga tetap bermain dan mungkin bisa bertemu di turnamen nasional.



 
Baiklah akan saya mulai ulasan saya, maafkan saya bila masih ada kekurangannya. Chihayafuru ini adalah salah satu anime favorit saya yang bisa menggabungkan beberapa elemen cerita sekaligus dalam satu cerita dengan hasil yang bagus, Elemen cerita yang saya maksud adalah cerita sekolahan, olahraga, kebudayaan, percintaan dan apa lagi yah saya lupa pokoknya banyak elemen - elemen yang dimasukan dalam cerita ini tapi gak merusak cerita itu sendiri malah hasilnya tambah mantap
 

 
Saya sih pengennya bahas ini terakhir tapi kisah cinta segitiga atau tiga orang teman masa kecil ini cukup unik dan lumayan ribet, chihaya disini sebagai ceweku yang mempunyai kecantikan sia - sia sekaligus pusat masalah percintaan disini sangat polos banget dan tidak mengerti tentang masalah percintaan sama sekali tapi jauh didalam lubuk hatinya dia mempunyai rasa terhadap salah satu teman masa kecilnya, arata atau taichi? sedangkan itu kedua cowok ini menyukai chihaya dan mungkin saling mengetahui perasaan masing - masing terhadap chihaya, Taichi yang sedari kecil hampir selalu bersama chihaya menyukainya sejak kecil bahkan saat sudah SMA pun dia masih menyukai meskipun dia mempunyai pacar sementara doang, Arata menyukai chihaya tapi saya liat dia menjaga jarak karena mengira chihaya dan taichi itu pacaran meskipun begitu arata sepertinya masih ada rasa kepada chihaya. jadi intinya adalah ketika anime lain itu karakter cowok yang selalu gak peka disini karakter cewek utama yang kelewat gak peka. patut disimak bagaimana hubungan rumit ini berlanjut. Semoga kaga ada cerita NTR deh.
 

 
Salah satu hal paling menarik lainnya  disini adalah dari segi visualnya, tentu saja salah satu studio yang menurut saya paling niat kalo urasan kualitas visual adalah kekuatannya, banyak banget adegan dengan kualitas visual yang mantap banget, seperti saat zoom ke salah satu karakter, saat permainan, maupun itu adegan romantis kualitas gambarnya mantap - mantap banget. Mata saya sebagai penonton tidak lelah dibuatnya.
 
         
 
Tentu bukan karuta bila itu tanpa puisinya, disini saya bisa merasakan sesuatu ketika puisi - puisi itu dibacakan baik itu ketika para pembaca puisi pro yang membacakan puisinya yang sepertinya yang mengisi pembaca puisi pro di anime itu beneran pembaca puisi profesional ataupun ketika para pemain karuta menjadi pembaca puisi menjadi nilai tambah, para pengisi suara pun harus berusaha menjadi pembaca puisi di anime ini. selain itu pengisi suara arata disini sangat bagus memerankan suara arata yang mempunyai logat khas daerahnya.
 
 

 
Saya sih gak tahu aslinya di jepang sana karuta gimana aslinya tapi menurut saya anime Chihayafuru ini salah satu media yang sangat bagus dalam mempromosikan karuta keseluruh dunia, kalo misal kalian cari di youtube dan menonton pertandingan karuta pasti ada aja komentar kalo mereka menonton video tersebut karena anime chihayafuru. Mungkin sebelum anime ini olahrga karuta ini cuma dikenal di jepang saja tapi setelah anime tayang akhirnya karuta terkenal diseluruh dunia. Mungkin hal ini bisa saja dicontoh oleh negara kita tercinta Indonesia, misal saya ambil contoh wayang dijadikan sebuah film atau tv seri dengan cerita yang bagus dan terkenal keseluruh dunia maka bisa saja wayang akan terkenal diseluruh dunia dan bisa jadi salah satu cara memberi tahu dunia kebudayaan negara.
 
 
 
Hampir lupa saya membahas anggota klub karuta ini selain chihaya dan taichi. kalo saya ngebahas mereka juga bisa - bisa malah jadi bocoran tapi intinya adalah mereka menjadi pribadi yang lebih baik semenjak bergabung ke klub karuta, yah emang kaya anime - anime olahraga lainnya sih tapi tetep aja menarik untuk dilihat perkembangannya mereka.
 
 
Jadi intinya Chihayafuru ini ibaratnya makanan ini seperti lotek atau gado - gado meskipun isinya banyak macemnya tapi tetap enak untuk dinikmati, ceritanya enak, visualnya juga enak, unsur - unsur lainnya juga enak jadi meskipun dengan jumlah episode 25 ini tidak akan bosan untuk ditonton loh. Anime ini menurut saya bisa ditonton sama keluarga juga dan masih aman ditonton saat bulan puasa loh.
 
Penilaian anime Chihayafuru di akun MAL saya adalah sebagai berikut :
 
 

 

6 komentar:

  1. Masukin list dulu wkwkwk soalnya perempuannya cantik amat awkkawkaw xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. cantik kalo diam tapi kalo udah bicara atau bergerak kecantikannya jadi sia - sia

      Hapus
    2. season keduanya sudah saya bikin ripiuwnya

      Hapus
  2. Kalau di pikir2 mungkin karuta itu merupakan olahraga yang paling sulit menurut saya,,
    Daya ingat,konsentrasi,kecepatan,ketepatan,mental dan stamina..semuanya di gabungin dan malah lebih sulit daripada sepakbola sekalipun

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pernah nonton di youtube pertandingan karuta beneran gile bener2 dah itu menguras stamina bgt, padahal cuma diem nonton aja tapi liatnya aja udah bikin tegang sama capek sendiri

      Hapus

Terima kasih udah memberi komentar :D

Diberdayakan oleh Blogger.