Header Ads

[Review] Natsume Yuujinchou


Natsume.Yuujinchou.full.428889

Sebenarnya mau nunggu sampai musim keenamnya beres baru mau dibikin ulasannya tapi seperti biasa mumpung ada niat yah harus saya bikin ulasannya keburu ilang itu niatnya. bisa aja saya bikin ulasannya tiap musimnya jadi bakal ada 6 postingan yang isinya ulasan anime ini tiap musimnya, tapi bikin satu aja susah apalagi enam musim. jadi ulasan ini bisa dibilang secara general atau umum gitu mengenai anime ini.

Natsume-Yuujinchou-Go-01-12

Natsume Takashi, memiliki kemampuan melihat hal yang tidak bisa orang lain lihat. Dia bisa melihat hal-hal gaib seperti Youkai atau Ayakashi. Suatu ketika dia bertemu dengan seekor kucing yang bernama Madara yang merupakan Ayakashi tingkat tinggi alias kuat.

Natsume memiliki Buku Persahabatan (Yuujinchou) yang didalamnya tertulis nama-nama Ayakashi yang didapatkan oleh neneknya Natsume Reiko, seorang perempuan yang memiliki kemampuan yang sama dengan Natsume. Berbeda dengan Reiko, Natsume berniat mengembalikan nama-nama Ayakashi dalam Buku Persahabatan itu. Bersama dengan Madara yang jadi penjaganya, Natsume mengalami masa-masa dengan Ayakashi lain.

Natsume.Yuujinchou.full.1669384

Saya kasih tahu dulu yah awalnya saya mengira ini anime akan penuh aksi gitu antara manusia melawan youkai/ayakashi atau hantu –hantu gitu tapi ternyata kebalikannya. lalu saya kira ah bakal ngebosenin nontonnya tapi ternyata saya salah besar ini malah slice of life tentang bagaimana hubungan antara manusia yang mempunyai kekuatan untuk melihat makhluk halus dengan para makhluk halus tersebut. jadi ceritanya bisa terbilang ringan tapi bisa juga serius banget. tapi bukan antara manusia dengna makhluk halus saja tapi antara hubungan sesama manusia juga kita bisa melihatnya

Natsume-Yuujinchou-Go-05-8

Sebagai tokoh utama disini natsume mungkin akan banyak yang tidak menyukai sifatnya seperti yang selalu minta maaf atau yang seperti tidak bisa mempercayai orang disektitarnya. Tapi itu disebabkan oleh masa lalu dan kemampuannya berinteraksi dengan makhluk halus. Sejak kecil dia sudah bisa berinteraksi dengan makhluk halus dan sejak kecil jadi natsume selalu diganggu oleh mereka yang menyebabkan dirinya dilihat oleh orang lain yang biasa itu terlihat aneh seperti selalu mencari perhatian dengan mencari masalah, padahal sebenarnya dia sedang diganggu oleh para youkai (makhluk halus). alasan sebenarnya dia diganggu oleh ayakashi itu berbagai macam, ada yang hanya ingin bermain dengan natsume , ada juga yang menggangunya karena emang sifat makhluk tersebut begitu adanya, ada juga yang yang mengejar natsume karena buku persahabatan yang dimilikinya. buku persahabatan atau yuujinchou adalah sebuah buku yang berisi nama – nama youkai yang artinya setiap nama yang ada dibuku tersebut menjadi milih sang pemilik buku tersebut, sang pemilik memilik kekuatan untuk mengendalikan youkai yang namanya ada dibuku tersebut. buku tersebut asalnya adala milik neneknya natsume takashi yaitu natsume reiko lalu sekarang milik takashi cucunya.


vlcsnap-2830-06-10-02h55m11s125

Cerita anime ini berpusat di kehidupan natsume takashi dan penjaganya kucing gendut penjaganya nyanko sensei yang sebenarnya adalah binatang buas berbentuk rubah/ serigala entahlah apapun bentukanya itu. disini kita melihat keseharian takashi yang sering diganggu oleh youkai dikarenakan buku persahbatannya itu, baik itu yang menginginkan namanya dikembalikan atau yang menginginkan kekuatan buku tersebut. jadi tiap episode polanya hampir sama, yaitu munculnya ayakashi yang menggangu atau namanya ingin dikembalikan. setiap episode mempunyai ceritanya yang tiap episode selalu menarik tidak pernah bosan berulang kali pun. cerita tiap episode mempunyai kisahnya tersendiri bagi takashi, baik itu natsume sekarang maupun natsume saat masih kecil. saya bisa saja menceritkan semua episode yang menarik tapi itu akan menjadi spoiler cerita dong. tapi intinya banyak cerita disini saling berhubungan satu sama lainnya.

Natsume-Yuujinchou-Go-08-36

Tidak hanya cerita natsume saja yang diceritakan disini tapi orang – orang disekitarnya. cerita tentang pengusir youkai, cerita tentang shigeru dan touko juga ada. cerita teman – temannya natsume pun ada. terkadang melibatkan youkai yang mengganggu ada juga sih yang gak mengganggu. tiap cerita ini juga sangat menarik . bagaimana cerita tiap – tiap individu ini ceritanya gak kalah bagusnya dengan cerita utamanya. cerita tetang masa lalu reiko juga terkadang diceritakan meskipun tidak sepenuhnya tapi selalu sedikit saja diceritakan tentang reiko. tetapi sediti demi sedikit kita bisa mleihat masa lalu reiko terungkap.

a82814af2fc8d218c2e6e64ff012a4e6455e94ed

Seiring berjalannya waktu saya melihat natsume yang awalnya sulit berteman karena permasalahannya dengan youkai tapi perlahan – lahan dia mempunyai ikatan dengan teman – temannya baik itu manusia maupun youkai. teman manusianya ada yang tau kemampuan natsume dan mereka bisa menerima dengan baik ada juga yang biasa saja dan tidak tahu kemampuan natsume tapi natsume masih berteman baik dengan mereka. begitu pun dengan youkai mereka mungkin menganggap natsume lebih seperti tuannya tapi jauh didalam hati mereka menganggap bahwa natsume itu adalah teman mereka. natsume disini menjadi penghubung bagi manusia dan youkai, dia percaya bahwa manusia dan youkai bisa hidup berdampingan.

vlcsnap-6591-06-20-08h34m38s057vlcsnap-3637-10-28-11h24m56s113vlcsnap-1258-06-22-12h12m37s189

Salah satu yang paling menarik perhatian saya adalah kucing gendut penjaga natsume yaitu nyanko sensei atau madara, kelakuannya disaat bentuk kucing gendut bisa sangat membuat penonton tertawa karena dia seperti bukan youkai buas malah terlihat seperti kucing gemuk pemalas tukan makan saja. kelakuan dan seuaranya itu juara banget. tapi saat dia berubah ke wujud aslinya lain ceritanya. seperti kepribadiannya yang lain muncul. nanyko sensei disini bertugas sebagai penjaga natsume sekaligus menjaga buku persahabatan juga meskipun sebearnya dia juga mengincar buku persahabatannya sih. tapi meskipun awalnya dia terlihat ogah untuk melindungi natsume tapi sedikit demi sedikit dia menjalin hubungan dengan natsume bukan sebagai penjaga atau pengawal saja tapi lebih menjadi seperti temannya. saya masih penasaran bagaimana hubungan nyanko sensei ini dengan reiko di masa lalu.

vlcsnap-9794-03-06-01h04m12s890vlcsnap-5885-11-07-02h31m05s711

Bagi yang mencari tontonan yang ringan tapi gak bisa bikin bosen ceritanya cerita tentang natsume dan buku persahabatannya itu sangat menarik untuk ditonton. sangat banyak yang bisa diambil pesan moral dari anime ini. Jadi bisa ditonton dengan keluarga juga loh. Hampir lupa ngebahas salah bagian terbaik dari anime adalah musiknya. lagu pembuka dan penutup anime ini hampir semuanya itu juara banget. baik dari segi lirik maupun instrumennya itu cocok banget dengan anime ini, selain itu musik latarnya selalu pas dengan cerita di anime ini.

Penilaian saya terhadap anime ini di akun MAL saya seperti dibawah. sebenarnya sekarang sudah masuk musim ke 6 sih tapi saya tidak masukan jadi mungkin setelah musim ke 6 beres akan saya masukan.
  nats1natsu2nats3nats4nats5
natsume roku



Terlalu banyak bait di anime ini loh.
vlcsnap-5319-10-21-08h49m50s203vlcsnap-2013-03-29-20h13m54s36

Tidak ada komentar:

Terima kasih udah memberi komentar :D

Diberdayakan oleh Blogger.